Uncategorized

2024 Peserta Gebyar Tari Masal Peringatan Hari Pendidikan Nasional

Magetan, Pojokkota, Dalam Rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magetan mengadakan Tarian masal di Alun alun Kabupaten magetan pada25 Mei 2024.

Dalam acara tersebut diikuti oleh 2024 siswa dari SD sampai SMP se Kabupaten Magetan, dan para siswa memakai busana tradisional yang mewakili 38 provinsi di Indonesia.

Penampilan memukau dari 2.024 siswa jenjang SD dan SMP se-kabupaten Magetan ini menggabungkan berbagai elemen budaya dari seluruh Indonesia, mencerminkan semangat kebhinekaan yang menjadi ciri khas bangsa.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Magetan Suwata mengatakan “Ini bagian dari peringatan Hardiknas 2024. Tari ini dimaknai sebagai implementasi Kurikulum Merdeka P5. Didalamnya diantaranya ada kebhinekaan,”

Para siswa mengenakan busana tradisional yang mewakili 38 provinsi di Indonesia, menambah warna dan keberagaman pada acara tersebut. Melalui seni dan budaya, diharapkan generasi muda dapat lebih menghargai nilai-nilai luhur bangsa dan siap berkontribusi dalam memajukan Indonesia sehingga dapat memperkuat identitas budaya dan membangun rasa kebersamaan.

tariannya ada tari Nusantara, tari Pelajar Pancasila dan Magetan Ngumandang. Kita berharap ini menjadi best practice dari sisi kesenian dan budaya,” lanjut Suwata.

Keberhasilan penyelenggaraan gebyar tari massal ini juga memberikan dampak positif pada perekonomian lokal. Pedagang kaki lima, warung, dan sektor usaha lainnya merasakan peningkatan penjualan berkat keramaian yang tercipta. Selain itu, acara ini juga mempromosikan pariwisata Magetan, menarik perhatian pengunjung dari luar daerah.​

“Ini tadi banyak persewaan baju adat yang menyampaikan terimakasih juga,” pungkasnya.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button