Uncategorized

Desa Pacalan Adakan Adat Dawuhan Sebagai Wujud Syukur

Magetan. Pojokkota.net.Setiap Tahun warga Desa Pacalan, Kecamatan Plaosan adakan Adat Dawuhan, mereka berbondong-bondong datang ke lokasi mata air Sumber Modal dengan membawa ambengan atau seserahan hasil dari hasil bumi Pacalan, Jumat (2/8/2024).

Secara khidmat, masyarakat bahu-membahu melaksanakan adat istiadat tahunan bernama Dawuhan atau selamatan yang telah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. “ Acara ini melestarikan leluhur, adat istiadat bernama Dawuhan yang telah berlangsung selama ratusan tahun yang lalu, “ ucap Kepala Desa (Kades) Pacalan, Kecamatan Plaosan Agus Suharto.

Pada kesempatan ini Agus Suharto mengatakan, acara ini sebagai bentuk ucapan syukur akan nikmat yang diberikan oleh Tuhan yang maha esa atas tanah yang subur dan melimpahnya sumber air di lokasi Sumber Modal. Dan kenyataannya sumber mata air tersebut tak pernah susut malah bisa memenuhi kebutuhan air di 17 desa di Magetan. “ Alhamdullilah tak pernah susut, serta Desa Pacalan ini dianugerahi tanahnya yang subur, jadi 80 persen warga kami menjadi petani, “ tambahnya.

Mewakili warganya, Kades Pacalan berharap segala kenikmatan yang diberikan Tuhan selalu lestari dan bermanfaat untuk masyarakat luas. “ Dengan ini kami berharap semua keberkahan yang ada di Desa Pacalan selalu lestari dan bermanfaat untuk warga, “ pungkas Agus Suharto.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button