Uncategorized

Usung Tema Kepak Sayap Garuda SMA 1 Kawedanan Meriahkan Pawai Budaya

Magetan. Pojokkota.net. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan menggelar Karnaval dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke – 79 bertajuk “ Pawai Budaya Bangga Magetan Cinta Unesa Jaya Negeriku”, Minggu ( 25/8/2024)

Arak – Arakan peserta Karnaval diawali dari eks Distrik Kelurahan/Kecamatan Maospati dan berakhir di Kampus 5 Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Magetan.

Kali ini SMAN 1 Kawedanan mengikuti pawai budaya mengusung tema ” Kepak Sayap Garuda” ini merupakan hasil karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tujuan memperkuat karakter dan kecintaan anak anak
Terhadap budaya Indonesia.

Pawai Budaya SMAN 1 Kawedanan diikuti oleh siswa dan guru. Menurut Kepala Sekolah SMAN 2 Kawedanan Aris Sudarmono, M.Pd menyampaikan pawai budaya ini sebagai implementasi dari Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya untuk mendorong tercapainya profil pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek

“Dalam karnaval tahun ini kami mencoba memvisualkan kekayaan budaya bangsa, dalam karya siswa siswi SMAN 1 Kawedanan melalui kegiatan belajar mengajar P5 (Proyek Penguatan Profil pelajar Pancasila), yang menghasilkan produk berupa fashion busana karnaval di SMA Negeri 1 Kawedanan dan ini merupakan karya yang luar biasa dari anak2 kami,” ujarnya.

Dengan arti bahwa, Indonesia dengan beragam budaya merupakan aset kekayaan bangsa yang harus dilestarikan, budaya itu bagaikan untaian permata yang terjalin indah dan sangat mengagumkan bagi dunia.

Mereka tampil istimewa dan unik, 30 siswa mengikuti pawai selayaknya fashion show, dengan kostum yang dikemas kedalam karya yang unik, inovatif, kreatif, berkarakter dan bermakna.

Seperti busana dengan motif Pring Sedapur, telaga sarangan, Jalak lawu, legenda telaga pasir, Burung Garuda, Gunungan dan kearifan lokal lainnya dalam kostum yang ditampilkan.

Menariknya, semua karya fashion yang dihadirkan tersebut merupakan karya asli siswa siswi SMAN 1 Kawedanan secara keseluruhan dari jenjang kelas X, kelas XI dan kelas XI.

Lanjutnya, penampilan dari SMAN 1 Kawedanan mendapatkan banyak apresiasi dari penonton. Itu terbukti, peserta karnaval tampak berulang kali berhenti untuk diminta berfoto bersama penonton.

Harapannya, di karnaval berikutnya SMAN 1 Kawedanan tampil lebih bagus lagi. Dengan hadirnya Kampus UNESA di Magetan, diharapkan bisa memberikan manfaat besar bagi siswa-siswi SMA yang ingin melanjutkan studi ke sana.(Rit)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button