Uncategorized

Terobosan Baru Dinas Sosial Kabupaten Madiun Program UEP Bagi KPM PKH Potensial Graduasi

Madiun.Pojokkota.net. Pemerintah kabupaten Madiun melalui Dinas Sosial dalam upaya peningkatan taraf ekonomi masyarakat,kali ini  melalui program Usaha Ekonomi Produktif (UEP),graduasi PKH menuju KPM Mandiri.

Program ini merupakan salah satu terobosan baru dari Dinas sosial kabupaten Madiun, sebagaimana di utarakan Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Madiun Agung Budiarto.pada kamis (29/8/2024).

Tahun  ini ada  7 KPM PKH potensial di wilayah Kecamatan Wungu dari Keseluruhan di kabupaten Madiun ada 90 penerima PKH dialihkan untuk mengikuti program Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dengan nominal Rp 3 juta rupiah per KPM. Dan untuk tahun berikutnya akan berkelanjutan yang tentunya menyesuaikan anggaran yang ada

“Saat ini kita coba untuk keluarga penerima manfaat yang memang bisa kita mandirikan, kita graduasi, untuk kita bantu dengan UEP agar mereka bisa berusaha dan segera mandiri guna mencukupi kebutuhan keluarga”. Kata Agung Budiarto.

Bantuan ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas dan produktivitas usaha kecil yang dijalankan oleh KPM PKH, dengan tujuan utama mendorong kemandirian ekonomi mereka. Program ini juga diharapkan dapat mengurangi ketergantungan pada bantuan sosial dan mempercepat perbaikan kondisi perekonomi keluarga.

“Kedepan akan terus kita tingkatkan, supaya nanti keluarga PKH yang sudah mandiri dan keluar dari daftar PKH, bisa di ganti dengan yang lain, atau daftar tunggu penerima PKH, dan dalam waktu tertentu angka kemiskinan akan turun”:pungkas Plt Kepala Dinas Sosial Madiun tersebut.

Hal tersebut juga dinyatakan Dedy Anggoro selaku Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial (LINJAMSOS)  Dinas Sosial Kabupaten Madiun, dia menyampaikan bahwa, Dinas Sosial juga akan terus mengawal KPM guna pelimpahan penanganan lebih lanjut ke dinas dinas yang terkait atas kebutuhan KPM.

”Jadi setelah KPM PKH usai graduasi maka kami masih akan terus mengawal dan melimpahkan ke dinas dinas yang terkait sesuai bidang masing masing”, ucapnya.

Marni salah seorang penerima Bantuan UEP graduasi PKH Desa Nglambangan kecamatan Wungu Untuk Tahun Anggaran 2024 Kabupaten Madiun menyampaikan rasa terima kasih pada Dinas Sosial yang telah memberikan permodalan untuk usahanya sebagai penjual nasi pecel.

“Saya sangat senang menerima bantuan permodalan ini,karena dengan bantuan ini saya bisa mandiri dan tidak bergantung dengan bantuan,dan sekali lagi saya sangat berterima kasih kepada Dinas sosial karena  sudah banyak membantu dari mulai awal PKH sampai mendapatkan bantuan Graduasi ini”. Ungkap Marni.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button